Apakah Internet Membunuh Kebiasaan Membaca?

August 9, 2018 Uncategorized

Internet bersama dengan TV sering dikutip sebagai media yang merobohkan kebiasaan membaca, terutama di kalangan pemuda dengan menjaga mereka terpaku pada layar TV / Komputer, ketika mereka harus membaca buku. Meskipun benar bahwa membaca sebagai kebiasaan telah menurun selama beberapa tahun terakhir, mungkin tidak tepat untuk menghubungkannya dengan internet saja. Akan lebih realistis untuk mempertimbangkan sejumlah alasan seperti tekanan tepat waktu karena gaya hidup yang cepat, mengubah prioritas dan sebagainya sebagai memiliki dampak negatif pada kebiasaan membaca. Sekali lagi tidak adil untuk menempatkan internet pada platform yang sama dengan TV karena yang terakhir terutama adalah media yang menyenangkan dan hiburan sementara internet adalah sumber informasi dan pengetahuan yang kaya. Menurut data penelitian yang tersedia pada pola bacaan, internet sebenarnya dapat dikreditkan karena telah membuat kebiasaan membaca tetap hidup dan meningkatkan volume bacaan di kalangan pemuda di tengah kehidupan yang serba cepat.

Internet hanya mengubah pola membaca dari buku menjadi membaca online. Hari ini adalah mungkin untuk memanen seluruh banyak informasi di internet dalam waktu singkat dibantu oleh mesin pencari yang kuat, suatu upaya yang akan memakan waktu berbulan-bulan dan beberapa kunjungan ke perpustakaan untuk mendapatkan. Mesin pencari mengumpulkan berita yang mereka kumpulkan dari berbagai sumber dan menyediakan browser dengan informasi dan pengetahuan penting dengan mengklik mouse. Bukti popularitas internet dapat diukur dengan dorongan bahwa surat kabar online dibawa ke sirkulasi surat kabar yang melorot di seluruh dunia. Di dunia yang cepat pembaca merasa lebih nyaman untuk membaca berita dari laptop mereka sambil menunggu di bandara atau lobi hotel daripada di kursi yang nyaman.

Dalam skenario hari ini kita dapat berasumsi bahwa jika seseorang tidak membaca dari layar komputer maka kemungkinannya adalah dia tidak akan membaca sama sekali. Dengan fakta-fakta keras ini kita dapat menyimpulkan bahwa internet yang bertentangan dengan kritik sebenarnya telah membantu dalam meningkatkan kebiasaan membaca di dunia yang cepat melalui kenyamanan dan kecepatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *